Anda Pengunjung Ke

About Me

Following

Entri Populer

Label

Minggu, 19 Juni 2011

Yang namanya cowok harusnya sih nggak membasahi wajahnya dengan air mata. Malu tau! Apalagi menangis kan identik sama cewek yang punya perasaan sensitif. So, kenapa juga cowok harus mengeluarkan air mata?

Biarpun bakal dicap cengeng, kaga jadi masalah. Selama menangis belum dilarang, mau nangis ya nangis aja. Mungkin itu prinsip cowok yang tiba-tiba nangis. Tapi sebenarnya, kalo seorang cowok sampe menangis, bukan karena gak ada alasannya. Banyak hal yang bikin cowok-cowok mengeluarkan air mata. Mulai dari jengkel sejadi-jadinya, berpisah dengan soulmate, sedih, sampe seneng banget. Kondisi seperti ini memang bukan Cuma kepunyaan cewek, cowok juga bisa ngalamin.

Masalahnya, cowok gampang nangis, bisa jadi kadar tertoron di tubuhnya mengalami penurunan. Soalnya, dalam kondisi normal, hormon testoron cewek emang lebih rendah dibanding cowok. Kurangnya hormon testoron juga mengakibatkan berkurangnya motivasi, kepercayaan diri, dan gampang depresi.

Rendahnya hormon ini bisa muncul dengan atau tanpa gejala. Tapi efek dari turunnya hormon testoron mengakibatkan pola tidur berubah, insomnia, rambut rontok, otot berkurang dan lemak tubuh meningkat. Lagi-lagi yah, bukan Cuma cewek yang ngalamin. Cowok juga bisa ngalamin kondisi seperti ini. Buat cowok, hormon testoron bertanggung jawab buat pengembangan organ reproduksi. Kadarnya bisa turun dengan betambahnya umur.

Dan jangan lupa juga, menangis bisa mengurangi stres, loh. Menangis adalah cara lain tubuh merespon suatu hal. Ini salah satu hal untuk bertahan hidup. Karena stres bisa ningkatin risiko serangan jantung dan kerusakan otak. Nah, dengan menangis, kita bisa mencegahnya. Menangis juga cara alami tubuh untuk mengendalikan hormon stres kartisol. So, nggak usah malu untuk mengeluarkan air mata guys! (ry@n/sumber:detikhealth.com)

Dikutip kembali dari Tabloid GAUL Edisi 45 Tahun IX 22-28 November 2010

0 komentar: